[Pune – India] Belajar Yoga dari Ahlinya

image

image
image

Bagi pegiat yoga, nama B.K.S Iyengar pastilah tak asing lagi. Kata-kata beliau yang paling memorial tentang yoga adalah “Bagaimana kamu bisa merasakan Tuhan kalau kamu tak bisa merasakan jari-jari kakimu sendiri?”

Ya, yoga adalah tentang menyadari tubuh sendiri.

Selama kurang lebih enam bulan belakangan ini, saya menggiati yoga. Dan saya merasa jatuh cinta sejak latihan hari pertama. Bahkan sering timbul keinginan untuk mendalami yoga dengan lebih lagi.

Selain rutin memberikan pelatihan di banyak tempat di dunia, B.K.S Iyengar juga mendirikan pusat pelatihan yoga di kota Pune, India–di tempat itu pula B.K.S Iyengar mengembuskan napas terakhirnya pada 20 Agustus 2014 lalu. Nama pusat pelatihan itu adalah Ramamani Iyengar Memorial Yoga Institute (RIMYI).

Membayangkan bisa belajar yoga di sana selama dua minggu saja, belajar langsung dari para ahli, serta berteman peserta lain yang memiliki semangat sama, benar-benar menimbulkan goosebumps.

Tapi sayangnya–atau syukurnya? Tergantung dari sisi mana kita melihat–RIMYI ternyata ditujukan bagi peserta yang levelnya sudah cukup tinggi. Sebut saja yoga expert. Sayangnya, saya bukan yoga expert (atau, syukurnya saya bukan yoga expert?), karena ternyata RIMYI merupakan tempat favorit untuk berlatih yoga. Sangat favorit. Saking favoritnya, sampai-sampai kita harus ‘antre’ hingga 18 bulan lamanya untuk bisa ikut pelatihan di sana. Nah, berhubung saya belum ahli, barangkali saya bisa gunakan waktu 18 bulan tersebut untuk belajar yoga (level dasar) di Jakarta. Lalu setelah mendapat giliran (sekali lagi, setelah antre selama 18 bulan), maka saya sudah memenuhi kriteria ‘expert’ menurut RIMYI dan bisa merasakan latihan di sana. :’D

Jadi karena keberadaan RIMYI, perhatian saya tertuju pada kota Pune ini. ❤

***

*) Selain RIMYI, Pune juga bisa menjadi tujuan traveling yang asyik. Ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi: Aga Khan Palace alias Gandhi Memorial, Katraj Zoo, dan Parvati Hill (untuk melihat kota Pune dari atas bukit). Selain itu, setiap Sabtu dan Minggu juga ada semacam pasar kaget di sepanjang MG Road. Karenanya, kendaraan dilarang melintas. Well, kalau bisa dapat tempat latihan yoga langsung dari ahlinya, sekaligus bisa memenuhi hasrat traveling, why not?! ^^

 

 

 

Advertisements

3 thoughts on “[Pune – India] Belajar Yoga dari Ahlinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s