City Backpackers Hostel

Kalau kalian hanya punya waktu super singkat di Singapura dan ingin mengunjungi lokasi-lokasi wajib seperti kawasan Singapore River – Raffles’ Landing Site – Clarke Quay, kawasan Merlion – Esplanade – Marina Bay, dan kawasan Chinatown – Buddha Tooth Relic Temple and Museum – Sri Mariamman Temple, maka City Backpackers Hostel di Hong Kong Street adalah pilihan yang tepat. Semua lokasi tersebut dapat ditempuh hanya dengan berjalan kaki.

Untuk bisa sampai di City Backpackers, kalian dapat naik MRT dari bandara Changi atau pelabuhan ferry HarbourFront ke stasiun Clarke Quay. Keluar dari pintu keluar E (exit E), menyeberang menggunakan jembatan penyeberangan lalu berjalan sesuai arah lalu lintas di sisi tersebut. Tidak terlalu jauh sampai kalian menemukan Hong Kong Street lalu belok kiri. City Backpackers ada di sebelah kiri jalan.

Jika kalian tiba di Singapura sore hari, maka Chinatown bisa menjadi tujuan pertama untuk dijelajahi. Untuk menuju ke Chinatown, kalian harus kembali ke jalan besar, yaitu jalan sebelum kalian berbelok ke Hong Kong Street, dan sekarang mengambil jalan berlawanan dengan jalan kalian datang dari statiun Clarke Quay. Dengan kata lain, dari Hong Kong Street, kalian berbelok ke kiri. Berjalan lurus melewati Hong Lim Park. Terus sampai kalian menemukan (Mall) China Town Point. Sekitar 200 meter dari (Mall) Chinatown Point adalah kawasan Chinatown tempat wisatawan bi(a)sa membeli oleh-oleh dengan harga miring. Buddha Tooth Relic Temple and Museum dan Sri Mariamman Temple berada di kawasan tersebut dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama 2-5 menit

Keesokan harinya, kalian bisa mengunjungi kawasan lainnya. Dari City Backpackers ke kawasan Singapore River, kalian tinggal berjalan ke arah kiri hostel (berlawanan dengan arah kedatangan kalian dari stasiun MRT Clarke Quay). Berjalan lurus melewati gang-gang kecil sampai menemukan Singapore River. Di sepanjang pinggiran sungai tersebutlah, ketika malam, menjadi pusat keramaian. Ada banyak pilihan restoran, club, pub untuk menikmati malam, dan tentunya kalian harus merogoh kantong cukup dalam karena restoran di sana bukan tempat makan kaki lima.

Dari kawasan Singapore River menuju ke kawasan Merlion, kalian tinggal berjalan ke arah Hotel Fullerton, lalu menyeberangi jalan raya lewat bawah (kolong). Jalan bawah tersebut langsung menuju ke taman tempat patung Merlion berdiri dengan gagahnya. Dari Merlion, gedung kesenian Esplanade dan Marina Bay Sands sudah terlihat. Ikuti saja satu-satunya jalan yang mengarah ke gedung kesenian Esplanade. Sedangkan untuk ke Marina Bay Sands, kalian tinggal terus berjalan melewati Esplanade dan menaiki jembatan yang membelah teluk.

Dari segi lokasi, nilai sepuluh untuk City Backpackers Hostel. Nilai tujuh untuk kamar yang rapi tapi minus loker tempat barang-barang berharga. Nilai enam untuk toilet dan kamar mandi yang berjumlah masing-masing dua padahal di lantai tersebut, ada empat kamar dan masing-masing kamar terdiri dari empat bed.

Apabila kalian adalah wisatawan dengan anggaran terbatas, City Backpackers Hostel dapat menjadi opsi utama.

***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s