Sembilan Novel yang Wajib Kalian Baca, Menurut Saya 

Tahun 2015 sudah akan berakhir sebentar lagi. Pastinya target membaca tahun ini juga hampir atau bahkan sudah tercapai, ya. Target baca saya? Semua buku pada foto di atas. \m/

Untuk yang targetnya sudah tercapai seperti saya, yuk, lakukan perayaan kecil dengan merekomendasikan buku yang dirasa bagus dan wajib untuk dibaca oleh orang lain.

Sebelumnya, kalian bisa buka profil Goodreads saya dan ‘mempelajari’ buku-buku apa saja yang saya beri empat atau lima bintang. Kalau kalian rasa kita punya selera yang sama, maka daftar berikut ini akan cocok untuk kalian. Btw, daftar berikut saya urutkan berdasarkan yang lebih dulu saya baca sepanjang 2015.

1. Tuesdays With Morrie – Mitch Albom
Berhubung tak  tahu berapa sisa waktu kita di dunia ini, rasanya oke juga belajar memaksimalkan waktu hidup yang kita punya. Untuk belajar ini, bagusnya memang dari orang yang hampir mati. Karena kata Morrie, when you learn how to die, you learn how to live.

2. Dirty Little Secret – aliaZalea
Dari semua novel aliaZalea, saya paling suka Dirty Little Secret. Paling dewasa, dan paling menyentuh.

3. Hanya Kamu yang Tahu Berapa Lama Lagi Aku Harus Menunggu – Norman Erikson Pasaribu
Buku ini adalah satu-satunya kumpulan cerpen (kumcer) di daftar ini. Saya tidak bisa tidak menyertakan kumcer ini dalam daftar karena kumcer ini keren banget. Model-model cerpen koran tapi lebih bagus lagi. Selain itu, penulisnya masih sangat muda dan anak STAN. Apresiasi!

4. Orang Asing – Albert Camus
Diceritakan dari sudut pandang orang pertama tetapi amat minim dialog, membuat si tokoh utama lebih banyak menarasikan isi kepalanya sendiri. Cocok untuk orang yang pendiam. Sesama pendiam, barangkali isi kepala kalian sama. Selebihnya, karena ini salah satu karya klasik dari penulis besar.

5. Eleanor & Park – Rainbow Rowell
Untuk yang kangen masa remaja dan pengalaman jatuh cinta untuk pertama kalinya. Silakan.

6. Dua Ibu – Arswendo Atmowiloto
Novel ini membuat saya optimis bahwa proses menulis novel (yang panjang itu) akan terasa lebih mudah bila dilakukan sedikit demi sedikit. Dua Ibu disajikan dalam banyak bab dan masing-masing babnya pendek sekali, rata-rata dua halaman saja. Benar-benar bikin optimis si penulis pesimis. Kalau dari segi cerita, Arswendo Atmowiloto tak perlu diragukan.

7. Please Look After Mom – Kyung-sook Shin
Ketika sang ibu hilang, maka anak-anaknya berdebat mengenai apa yang harus dilakukan dan siapa yang akan melakukan apa. Novel ini mengajak kalian untuk menguji diri, seberapa dalam kalian mengenal ibu kalian sendiri. Apakah ketika ibu kalian tersesat di sebuah kota besar, ia bisa mencari pertolongan? Di antara semua anggota keluarga, siapa yang akan ia hubungi pertama kali? Atau bahkan, apakah ia hafal nomor telepon salah satu dari anggota keluarga? Yah, namanya cerita tentang kehilangan ibu, tentunya akan ada bagian-bagian yang sukses bikin menangis terharu dan mendadak kangen ibu.

8. The Ocean at the End of the Lane – Neil Gaiman
Buat yang sudah merasa dewasa, jangan lupa untuk tetap memelihara sisi anak-anak dalam diri. Berimajinasilah. Untuk yang masih anak-anak, orang dewasa memang begitu, tak akan mempercayai cerita absurd kalian.

9. Kota Lama & Sepotong Cerita Cinta – Herdiana Hakim
Silakan baca kalau kalian ingin mengetahui lebih banyak tentang Kartini (selain Jepara, emansipasi dan Habis Gelap Terbitlah Terang) dengan cara yang menyenangkan. Alasan lain, sila baca review saya untuk novel ini di sini.

*

Oke, demikian sembilan novel yang saya rekomendasikan untuk kalian baca. Apakah kira-kira sesuai selera? Atau jangan-jangan ada yang sudah dibaca?

Well, setelah saya, sekarang giliran kalian merekomendasikan novel-novel yang menurut kalian wajib saya baca. Saya tunggu di kolom komentar, ya. :’D

Terakhir, selamat menyambut tahun 2016! \m/

***

Advertisements

2 thoughts on “Sembilan Novel yang Wajib Kalian Baca, Menurut Saya 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s